Wali Kota Tegal Dedy Yon Minta Warga Sukseskan SP2020

By: nno
Kamis, 20-02-2020 16:05 wib
12
Share:

Sensus Penduduk 2020 (SP2020) telah dibuka pelaksanaannya. Karenanya, Pemerintah Kota Tegal meminta warga untuk mendukung dan mensukseskannya dengan mengikuti sensus baik secara on line maupun wawancara. Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menegaskan dalam pelaksanaan sensus kali ini Kota Tegal wajib mensukseskannya. Mengingat pertumbuhan penduduk di Kota Tegal sangat cepat.

“Suksesnya sensus penduduk khususnya di Kota Tegal sangat menentukan pembangunan ke depan di Kota Tegal,”katanya saat memberikan sambutan dalam kegiatan rapat koordinasi di Pendopo Kecamatan Tegal Barat, Selasa (18/2) siang.

Dedy Yon menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tegal untuk secepatnya melakukan sensus online di website Badan Pusat Statistik. Selain itu, saat metode pencacahan lapangan agar petugas sensus memfoto wajah orang dan rumahnya. “Itu agar ada kesesuaian untuk menghindari kecurangan dalam pengisian data,” tegasnya.

Kepala BPS Kota Tegal Agustinus Hariyanto mengatakan tujuan dilakukan sensus penduduk untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karekateristik penduduk Indonesia. Karena dapat dilihat laju pertumbuhan penduduk di Indonesia terus meningkat, terutama sejak Sensus Penduduk 2010 silam. “Keberhasilan sensus penduduk tahun 2020 ada ditangan masyarakat semua,” katanya.

Karenanya, kata Agus, isilah data dengan jujur dan tidak memanipulasi. Pihaknya melakukan sosialiasai ini agar masyarakat dapat mengerti tata cara untuk mendapatkan diri di website BPS. “Pasalnya hal seperti tidak semua dimengerti, terutama masyarakat awam yang masih asing dengan teknologi,” ungkap Agustinus.

Sekretaris Kecamatan Tegal Barat Zidni Nuriyantoro, mengajak warga untuk mendukung kegiatan SP2020 dengan melakukan berbagai langkah. Antara lain menyebarkan informasi di berbagai media seperti di forum masyarakat, membantu memasang dan menyebarkan publisitas SP2020 di berbagai tempat seperti banner, poster, leaflet, mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online. “Selain itu, juga membantu petugas sensus pada pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara dan memberi arahan dan membuat surat edaran untuk Ketua RT/RW,” katanya. (wn)


Aspirasi Warga