Agenda Dewan

    Camat Dan Lurah Diminta Sering Turba

    Sekretariat DPRD Kota Tegal

    Tegal - Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono berterima kasih kepada Camat Lurah yang telah mensukseskan program-program Pemerintah.

    "Tahun anggaran 2022 ini kepada camat, lurah untuk mngoptimalkan seluruh program. Kegitan kedepan ada kegiatan yang langsung turun ke bawah kepada masyarakt secara langsung harus rutin dilakukan untuk melihat masyarakat secara riil di tingkat RW RT," ujar Wali Kota saat acara pembukaan Rapat Koordinasi Camat, Lurah Se Kota Tegal di Hotel Dedy Jaya Brebes, Senin (21/11/2022).

    Selain itu, Wali Kota juga berharap kegiatan kedepan dapat menyentuh masyarkat, artinya lurah tahu di lapangan. "Kegiatan turba atau turun ke bawah, ke masyarakat secara langsung harus sering dilakukan untuk melihat kondisi masyarakat di wilayahnya hingga ke tingkat RT dan RW. Turba tersebut dilaksanakan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

    Berbagai problem di level bawah agar segera dicarikan solusinya dengan pendekatan humanis. Sinergi dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan lainnya juga dilaksanakan. Utamanya terkait keamanan dan ketertiban masyarakat untuk selalu merangkul aparat seperti Babinsa dan Babinkamtibmas," ujar Dedy Yon.

    Terkait pemberdayaan masyarakat, Wali Kota mengimbau agar selalu  ditingkatkan melalui kegiatan pelatihan keterampilan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

    "Libatkan masyarakat secara masif, baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Sekali lagi saya tekankan, Camat dan Lurah harus dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder sehingga tujuan pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat," tambah Dedy.

    Selain itu, Wali Kota berharap semua saling dukung dan sengkuyung dalam pembangunan kecamatan dan kelurahan di Kota Tegal. Hal tersebut dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas masyarakat.

    "Utamanya dalam pemberdayaan ekonomi kreatif menuju kemandirian ekonomi dan berusaha untuk mewujudkan kemudahan akses internet dalam rangka mewujudkan smart city," pungkas Dedy.

    Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Tegal, Zaenal Ali Mukti dalam melaporkan menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Camat, Lurah se-Kota Tegal nantinya dapat meningkatkan kapasitas Lurah dan Camat demi kemajuan pembangunan Kota Tegal.-(sut)