Agenda Dewan

    Kelurahan Debong Tengah Juara Catur Walikota Cup 2022

    Sekretariat DPRD Kota Tegal

    Tegal - Kelurahan Debong Tengah, Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah akhirnya menjadi juara pertama Turnamen Catur Walikota Tegal Cup 2022 antar kelurahan.

    Turnamen yang digelar oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Tegal dilaksanakan selama dua hari 17-18 September 2022 di Sanggar Pramuka Jalan Hangtuah Kota Tegal.

    Juara pertama beregu Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan mendapatkan hadiah pembinaan sebesar Rp 4 juta.

    Juara kedua diraih Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat dengan hadiah Rp 3 juta, Juara ketiga, Kelurahan Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan dengan hadiah Rp 2 juta. Dan Juara harapan diraih oleh Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur dengan hadiah Rp 1 juta.

    Ketua Percasi Kota Tegal, Imam Teguh Santoso menyampaikan, dengan turnamen antar kelurahan diharapkan tumbuh bibit pemain catur baru. "Turnamen menggunakan Program Swiss-Manager adalah administrasi - dan pasangan program untuk catur-turnamen," kata Teguh ditemui di Kantornya Kamis (22/09/2022).

    Catur adalah salah satu olahraga yang mengandalkan pada taktik, kecepatan dan ketepatan pemain dalam memanfaatkan waktu untuk memainkan buah catur. "Kriteria penilaian catur menggunakan software yang bernama Swiss manager. Software ini langsung bekerja secara otomatis begitu sudah mulai entry data. Mulai babak awal sampai akhir sudah terprogram. Pemenangnya adalah akumulasi point paling banyak," kata Teguh yang juga Anggota DPRD Kota Tegal.

    Teguh menyebutkan cara penentuan juara dengan menggunakan software swiss manager adalah sebagai berikut: 1. Match Point atau point tertinggi. 2. Head to Head adalah hasil ketika berhadapan. 3. Buchholz/Solkoff adalah jumlah poin dari lawan-lawan yang pernah dihadapi. 4. Sonneborn-Berger adalah jumlah poin dari lawan-lawan yang pernah dikalahkan ditambah setengah dari poin tiap lawan yang ditahan remis. 5. progressive skor yakni jumlah nilai perorangan seluruh babak. 6. Jumlah kemenangan ketika pegang buah hitam.-(sut)