Agenda Dewan

    Marbot Masjid Mendapat Fasilitas Asuransi Jiwa Dari Baznas Pemkot

    Sekretariat DPRD Kota Tegal

    Kota Tegal- Seluruh tenaga marbot masjid dan mushola di Kota Tegal mendapatkan reward dari Pemkot setempat dalam bentuk bantuan menjadi peserta asuransi jiwa.

    Selain asuransi jiwa JMA Syariah, Pemkot Tegal juga memberikan bantuan sembako kepada mereka dan para Kyai.

    Ternyata bantuan asuransi jiwa itu bekerja sama dengan JMA Syariah Kospin Jasa yang mekanismenya berdasarkan kontrak kerjasama.

    Bantuan itu diakui Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono sebagai bentuk perhatian dan penghargaan Pemkot Tegal atas pengabdian terhadap masyarakat muslim Kota Tegal.

    Secara simbolik, bantuan diberikan Dedy Yon dalam acara sosialisasi Peran dan Tupoksi Unit Pengelolaan Zakat (UPZ) bagi Marbot dan dinas di lingkungan Pemkot Tegal, Kamis kemarin.

    Dedy Yon berharap bantuan dan asuransi jiwa itu dapat memberikan manfaat bagi para marbot. Dedy Yon keberhasilan pengelolaan zakat harus dapat dirasakan oleh masyarakat.

    Baznas dituntut bekerja meningkatkan kontribusi zakat terhadap pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    ‘’Baznas harus menjadi inspirasi dan pendorong bagi masyarakat dalam menumbuhkan kepedulian dalam membantu sesama," kata Dedy Yon.

    Menanggapi hal itu, Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdimanaf mengatakan, bantuan asuransi jiwa itu bagian dari program Kita Jaga Kyai yang digulirkan oleh Baznas.

    Asuransi jiwa yang digagas oleh Baznas tidak hanya berlaku bagi marbot, tapi juga berlaku kepada para Kyai yang ada di Kota Tegal.

    Menurut Harun, dari catatan yang ada di baznas, baru ada 155 marbot dan 160 Kyai yang mendapat bantuan. Kyai yang dimaksud adalah termasuk Ustad dan Ustadah.

    "Seharusnya ada 640 Kyai namun yang tercatat baru 160 orang. Asuransi ini setiap tahun kita ganti sesuai dengan nilai kontraknya dengan JMA Syariah Kospin Jasa," ujar Harun.(Riyanto Jayeng)