Agenda Dewan

    HIPMI Kota Tegal Gelar Turnamen Bola Basket Pelajar

    Sekretariat DPRD Kota Tegal

    Kota Tegal- Banyak cara ditempuh untuk mengenalkan eksistensi sebuah lembaga kepada masyarakat. Biasanya, sebuah lembaga akan menyasar lingkup masyarakat tertentu dengan segmentasi khusus yang memiliki kesamaan bentuk dan karakternya.

    Namun demikian tiap- tiap lembaga pasti memiliki cara tersendiri untuk mengkampanyekan eksistensinya, sesekali ada juga yang menggunakan cara- cara unik dengan maksud agar bisa dikenang sepanjang masa.

    Seperti Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Tegal yang menempuh cara sehat untuk mengenalkan lembaga ke segmen pelajar. Mengingat pelajar adalah cikal bakal generasi muda yang akan selalu menjunjung tinggi sportifitas dan semangat juang. Sebuah langkah yang jitu, BPC HIPMI Kota Tegal mengadakan turnamen bola basket yang mayoritas diikuti oleh pelajar dan sebagian kecil kaum muda non pelajar.

    Turnamen bola basket antar pelajar dengan tajuk Basketball Competition itu terbukti mampu menjawab animo pelajar di Kota Tegal.

    Dalam waktu singkat sejak diumumkan, sudah banyak pula pelajar yang terhimpun dalam tim terdaftar sebagai peserta turnamen yang digelar di GOR Wisanggeni Kota Tegal.

    Seperti yang disampaikan oleh Ketua BPC HIPMI Kota Tegal Dimas Setiawan, yang mengatakan bahwa turnamen itu merupakan salah satu terobosan BPC HIPMI Kota Tegal.

    "Dipilihnya jalur olahraga agar pelajar dan umum tertarik dan ikut termotivasi, setelah lulus sekolah atau kuliah kemudian tertarik untuk menjadi pengusaha," ujar Dimas.

    Dimas berpesan kepada para seluruh atlet, untuk menjaga sportivitas selama mengikuti turnamen, menurutnya sportifitas adalah hal yang mutlak dan wajib untuk senantiasa dijunjung tinggi.

    Sementara, Ketua Panitia Turnamen Bola Basket Pelajar, Ari Prima Setyoko, mengatakan, ajang HIPMI Basketball Competition itu diikuti oleh 40 tim.

    "Ternyata animo bola basket para pelajar di Kota Tegal cukup bagus, sudah ada 40 tim yang bakal berkompetisi merebutkan piala Walikota Tegal," kata Ari Prima Setyoko.

    Menurutnya, 40 tim itu terdiri dari pelajar putra tingkat SMP ada 8 tim, pelajar putri tingkat SMP ada 8 tim, 8 tim pelajar putra tingkat SMA dan 8 tim pelajar putri tingkat SMA, sisanya ada 8 tim putra klasifikasi umum.

    Menanggapi kiprah HIPMI, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono menilai kompetisi bola basket itu merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan semangat berolah raga di masyarakat khususnya anak-anak muda Kota Tegal.

    Menurut Dedy Yon, anak muda sekarang cenderung memilih menghabiskan waktunya di dalam ruang dan kurang beraktivitas di luar ruang. Dedy Yon berharap melalui kompetisi itu akan lahir bibit-bibit baru atlet basket dan pemain bertalenta.

    Menurut Dedy Yon, untuk melahirkan bibit pemain yang bertalenta, perlu perencanaan yang sistematis, terarah dan berkelanjutan salah satunya melaui HIPMI Basketbal Competition.

    "Saya berharap kompetisi yang terlaksana tahun ini bisa menjadi agenda rutin tahunan sehingga pembinaan bakat-bakat baru olah bola basket ini bisa terus berkelanjutan dan tidak hanya berhenti pada tahun ini saja,” ujar Dedy Yon.

    Diketahui, turnamen bol Basket pelajar itu akan berlangsung selama 5 hari sejak dibuka oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Senin 19 September 2022 lalu.(Riyanto Jayeng)