Agenda Dewan

    Komisi II DPRD Kota Tegal Minta Bakeuda Awasi Obyek Wajib Pajak

    Sekretariat DPRD Kota Tegal

    Tegal - Pasca pandemi Covid-19, beberapa investor mulai membuka usahanya di Kota Tegal. Seperti dibukanya beberapa gerai makanan, toko dan usaha lainnya.

    Menyoroti hal tersebut Komisi II DPRD Kota Tegal minta Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Pemerintah Kota Tegal selaku leading sektor untuk mendata obyek wajib pajak.

    Setelah didata, mereka dikasih tahu tentang aturan obyek wajib pajak. "Kita tahu di Kota Tegal ada Perda yang terkait dengan pajak daerah yakni Perda Nomor 2 Tahun 2019 tentang pajak daerah," kata Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal, Drs H Ansori Faqih (Anfaq).

    Perda tersebut katak Anfaq meliputi pajak restoran. Didalamnya restoran mencakup rumah makan, cafe, kantin, warung, bar dan sejenisnya termasuk jasa boga catering.

    Mestinya Bakeuda seger mendata terkait pajaknya. Kalau ijin masuk di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Secara tidak langsung setiap orang yang membuka usahanya di wilayah Kota Tegal menjadi obyek wajib pajak dengan 10 persen.

    "Menurut kami kalau itu bisa didata, itu bisa diukur potensi pendapatan daerah sebenarnya. Jadi potensinya ada tinggal optimalisasinya," pungkas Anfaq.-(sut)