Agenda Dewan

    Pansus V Dorong Persertifikatan Tanah Bisa Terwujud Untuk Masyarakat

    Sekretariat DPRD Kota Tegal

    Tegal - Setelah Pansus V DPRD Kota Tegal rapat dengan gugus tugas Pemerintah Kota Tegal, membahas kebijakan terkait soal pertanahan. "Pansus V DPRD Kota Tegsl bersama Tim Gugus Tugas mendorong Persertifikatan Tanah Bisa Terwujud Untuk Masyarakat," kata Ketua Pansus V DPRD Kota Tegal, H Edy Suripno SH MH.

    Diketahui bersama bahwa persoalan pertanahan di Kota Tegal sangat beragam dan bermacam-macam posisinya.

    Edy Suripno menjelaskan, ada tanah yang dikuasakan atau digunakan oleh masyarakat, dimana Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal memiliki hak pakainya, punya alasan sertifikatnya.

    Kedua, ada tanah yang digunakan oleh masyarakat tetapi Pemkot Tegal tidak memiliki hak pakai, hanya tercatat didalam neraca aset. Selanjutnya ada masyarakat yang menempati lahan milik Pemkot Tegal dan Pemkot Tegal terikat dengan perjanjian kerjasama sewa beli.

    Ada masyarakat yang menempati lahan dimana tempat tersebut milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

    Dari persoalan pertanahan Pansus V DPRD Kota Tegal mencoba mendorong bagaimana jalan keluarnya. Karena diketahui bersama bahwa salah satu sumber percepatan kesejahteraan rakyat adalah melalui bidang persertifikatan tanah.

    "Ketika masyarakat memiliki tanah, tempat mereka tinggal maka, mereka juga memiliki kedaulatan. Itulah masyarakat yang merdeka karena diatas tanah tersebut bisa dioptimalkan untuk kepentingan mereka sendiri dalam rangka kelangsungan hidup," ujar Edy Suripno yang akrab disapa Uyip.

    Persoalan tanah kata Uyip, dibutuhkan keperpihakan kepada masyarakat, keperpihakan kepada urusan publik yang lebih penting. Untuk itu Pansus V DPRD Kota Tegal dengan tim gugus tugas akan mendorong bagaimana keberpihakan wujud didalam keputusan.

    Ada beberapa opsi yang dibicarakan namun, belum ada titik temu karena masih ada proses untuk menjelaskan saat menggunakan opsi satu hingga empat apa yang harus dipersiapkan.

    "Prinsipnya bahwa Pansus V DPRD Kota Tegal dan tim gugus tugas akan mendorong persertifikatan tanah bisa terwujud untuk masyarakat," pungkasnya..-(sut).