Agenda Dewan

    Fraksi PAN Soroti Pungutan Uang Di Sekolah Dengan Dalih Sumbangan .

    Sekretariat DPRD Kota Tegal

    Kota Tegal- Fraksi Partai Amanat Nasional ( F- PAN) DPRD Kota Tegal menyayangkan terjadinya pungutan iuran uang kepada siswa sekolah dengan dalih sumbangan di SMP Negeri 6 dan SD Negeri Kraton 1. Hal itu disampaikan juru bicara F- PAN Hj Nurfitriani S.E dalam sidang paripurna DPRD dengan agenda penyampaian Pemandangan Umum Fraksi- Fraksi terhadap Nota Keuangan RAPBD Kota Tegal Tahun Anggaran 2022, Kamis (18/11/2021) siang.

    " Masih saja ada sekolah yang menarik iuran walaupun dengan alasan sumbangan untuk melengkapi sarana dan prasarana seperti yang terjadi di SDN Kraton 1 dan SMPN 6," kata Nurfitriani.

    Fraksi PAN berpandangan agar Pemkot Tegal berkoordinasi dengan seluruh kepala sekolah agar mengetahui kebutuhan sarana dan prasarana yang ada di sekolah-sekolah sehingga tidak terjadi lagi penarikan iuran yang berdalih sumbangan.

    Dan Fraksi PAN berharap seluruh kelengkapan sarana dan prasarana yang diperlukan sekolah bisa dipenuhi oleh Pemerintah.

    " Selama ini sejauh mana Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan Kepala-kepala sekolah sehingga kasus penarikan iuran dengan berdalih sumbangan masih terus terjadi selama bertahun-tahun?," Ujar Nur Fitriani.

    Selanjutnya F- PAN juga menyoroti kaitan kebijakan zonasi SMA Negeri yang ada di Kota Tegal, yang pada dasarnya system Zonasi pada saat penerimaan siswa baru adalah dalam rangka mendekatkan siswa untuk melakukan pembelajaran di sekolah, tapi pada kenyataannya belum semua kecamatan yang ada di Kota Tegal mempunyai SMA Negeri contohnya di kecamatan Tegal Selatan.

    Untuk itu Fraksi PAN selalu mendorong Pemkot Tegal untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk mengatasi masalah Zonasi SMA yang setiap tahun menimbulkan polemik.

    " Untuk itu Fraksi PAN berpandangan untuk menciptakan rasa keadilan masyarakat Tegal selatan perlu adanya SMA Negeri di Kecamatan Tegal selatan. Bisa dengan cara memindahkan salah satu SMA Negeri yang ada di kecamatan Tegal Timur Ke Kecamatan Tegal selatan, sehingga terjadi pemeretaan Pendidikan," kata Nur Nurfitriani .(Riyanto)